Banner 468 x 60px

Senin, 29 April 2013

Perubahan Apa Pada Kurikulum 2013 ?

0 komentar
Kurikulum 2013  walaupun masih banyak pertentangan, tahun ajaran baru Juli 2013 Kurikulum Baru ini akan diterapkan di semua jenjang sekolah, termasuk Sekolah Dasar (SD). ini merupakan topik terhangat perbincangan insan pendidik saat ini.

Terdapat beberapa perubahan mulai dari yang ringan-ringan sampai yang berat, diantaranya perubahan nama dalam bahan ajar. "Kemendikbud menggunakan enam nama yang akan dipakai dalam buku ajar kurikulum 2013. Dimana ke-enam nama tersebut diharapkan menjadi representasi dari wilayah-wilayah yang ada di Indonesia,” terang Wamendikbud RI bidang Pendidikan, Prof. Musliar Kasim di Yogyakarta, Sindonews.com Senin (29/4/2013)

Lebih lanjut Pak Musliar Kasim mengatakan bahwa Keenam nama yang digunakan dalam buku ajar kurikulum 2013 yakni Edo, Beni, Udin, Siti, Lina, dan Dayu. Nama-nama tersebut diambil dari berbagai bagian Indonesia. diharapkan nama-nama tersebut, akan memperkuat pemahaman murid terhadap etnik-etnik yang ada di Indonesia. Karena menurutnya, selama bertahun-tahun materi buku ajar siswa SD di dominasi nama Budi dan Wati yang lebih kental dengan etnik Jawa.
Jadi yang biasanya,  i n i  b u d i  sekarang ganti dengan  i n i  u d i n , atau  i t u  d a y u.

Perubahan yang lain:
Kalau dulu bernama SK  dan KD  sekarang berubah nama menjadi  Kompetensi Inti atau KI. Sedangkan materi yang lain masih tetap, 5x5=25, Borobudur peninggalan agama Bhuda, fungsi mata untuk melihat.
Ada yang lebih penting dari sekedar perubahan adalah “Apapun Kurikulumnya” yang namanya guru wajib melakukan 2 hal pokok yaitu Mendidik dan Mengajar. Yang namanya mendidik akan selalu melekat pada saat mengajar. Sehingga salah besar jika ada pihak-pihak yang mengatakan “pentingnya pendidikan karakter untuk memperbaiki moral bangsa”, karena pendidikan karakter sesungguhnya sudah ada sejak Bpk Ki Hajar Dewantara jadi Menteri Pendidikan di negeri ini,cuma "bungkusnya berbeda"

Memang benar sejak kurikulum 1975 tidak pernah diberikan pendidikan karakter, Tetapi yang diberikan saat itu adalah Pendidikan Budi Pekerti, Pendidikan sopan santun,Tata krama yang mutunya jauh lebih hebat. Sedangkan istilah karakter itu muncul setelah banyak orang-orang pintar makin pintar berkonsep. Tapi ingat bahwa Orang pintar saat ini adalah hasil dari olahan dan lulusan kurikulum 1975. betul…betul….betul.????!

Bagaimanapun Dokumen Draf Kurikulum 2013 sudah dipublikasikan dan siap beradar untuk menyambut Indonesia dalam perubahan. Dengan melihat sekilas "yach ternyata!!!", kita semua yang tidak berperan dalam proyek ini hanya bisa berharap “Semoga tidak menjadi tambahan daftar PRODUK GAGAL yang beredar dalam pendidikan Indonesia”

Bagi teman-teman guru yang ingin tahu wajah kurikulum baru 2013:
Silahkan  Klik DISINI Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk SD/MI, 
Silahkan  Klik DISINI Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk SMP, 
Silahkan  Klik DISINI Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk SMA/MA,

Demikian kicauan tentang Kurikulum 2013 Siap luncur ke Sekolah? semoga bermanfaat dan bagi yang ingin berpendapat silahkan tinggalkan komentar di media ini. Komentarnya yang baik-baik aja ya? jangan menyangkut sara dan tetap beretika.

0 komentar:

Poskan Komentar