Banner 468 x 60px

Selasa, 30 April 2013

Data Dapodik Menjadi Pedoman Pencairan TPP 2013

0 komentar
Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pencairan dana 2013 akan berpedoman pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).diantaranya  Tunjangan Profesi Guru (TPP). Tidak hanya TPP saja, pencairan dana BOS, tunjangan fungsional, tunjangan khusus bantuan rehab, blok grand/DAK dan bantuan lain.

Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia Iwan Hermawan dalam siaran persnya Jumat (29/3/2013)"Data diperoleh dari sekolah masing-masing, maka dari itu diperlukan operator di setiap sekolah untuk melakukan proses pendataan profil sekolah, siswa, dan guru melalui aplikasi dapodik,"

Dia mengatakan, data yang diperoleh dari sekolah harus benar-benar akurat, bila data tidak lengkap atau tidak akurat maka akan mengakibatkan tidak cairnya jenis bantuan pemerintah termasuk TPP. Untuk tahun 2013 ini, pencairan TPP berdasarkan data dari dapodik baru jenjang pendidikan dasar (SD-SMP) untuk tingkat SMA/SMK masih seperti tahun-tahun sebelumnya.

Iwan menambahkan bagi mereka yang sudah memenuhi syarat, mereka berhak menerima TPP. Untuk itu setiap guru harus mempunyai email karena setelah data yang tercantum dalam dapodik itu valid, maka akan terbit SKTP (SK Tunjangan Profesi) yang dikirim melalui email masing-masing.

"Diharapkan para guru mengecek kebenaran data masing-masing, apakah sudah mengisi data dengan benar. Bila data yang tercantum di dapodik belum benar, para guru bisa membetulkan data tersebut dengan membuka web P2TK dikdas," kata Iwan mengemukakan hasil pertemuan dengan Kasi Perencanaan Program P2TK Dirjen Dikdas Tagor Harahap.

Akhir-akhir ini para guru beramai-ramai melihat hasil verifikasi datanya. Karena dengan data tersebut P2TK akan melaksanakan programnya, sesuai kelengkapan data para guru.

Cara Cek Data di Dapodik :
1. Kunjungi : http://116.66.201.163:8083/info.php
2. Login dengan NUPTK anda
3. Password : tanggal lahir (tahun-bulan-tanggal)



Demikian Gan, Infonya semoga bermanfaat!!
Read more...

Senin, 29 April 2013

Alamat Baru Untuk Verifikasi Data Dapodik Guru/PTK

1 komentar
Bagi guru yang telah melakukan upload data ke Pendataan Pendidikan Dasar, sebaiknya segera melakukan Verifikasi hasil upload. Hal ini harus dilakukan  karena ada kemungkinan data yang anda kirim masih bermasalah.Jika ternyata data anda masih bermasalah segera hubungi operator anda untuk segera melakukan perbaikan.
Kalimat penting yang ada pada hasil Verifikasi adalah"PTK bersangkutan telah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan Profesi". Jika ternyata belum ada kalimat tersebut diurusi dech. Jangan suka menitipkan nasib kepada orang lain.

Cara Cek Data di Dapodik :
1. Kunjungi : http://116.66.201.163:8083/info.php
2. Login dengan NUPTK anda
3. Password : tanggal lahir (tahun-bulan-tanggal)

Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada Caranya :

Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802.

Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.

Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com utk kami telusuri penyebabnya. HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK. KAMI TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.
Read more...

Perubahan Apa Pada Kurikulum 2013 ?

0 komentar
Kurikulum 2013  walaupun masih banyak pertentangan, tahun ajaran baru Juli 2013 Kurikulum Baru ini akan diterapkan di semua jenjang sekolah, termasuk Sekolah Dasar (SD). ini merupakan topik terhangat perbincangan insan pendidik saat ini.

Terdapat beberapa perubahan mulai dari yang ringan-ringan sampai yang berat, diantaranya perubahan nama dalam bahan ajar. "Kemendikbud menggunakan enam nama yang akan dipakai dalam buku ajar kurikulum 2013. Dimana ke-enam nama tersebut diharapkan menjadi representasi dari wilayah-wilayah yang ada di Indonesia,” terang Wamendikbud RI bidang Pendidikan, Prof. Musliar Kasim di Yogyakarta, Sindonews.com Senin (29/4/2013)

Lebih lanjut Pak Musliar Kasim mengatakan bahwa Keenam nama yang digunakan dalam buku ajar kurikulum 2013 yakni Edo, Beni, Udin, Siti, Lina, dan Dayu. Nama-nama tersebut diambil dari berbagai bagian Indonesia. diharapkan nama-nama tersebut, akan memperkuat pemahaman murid terhadap etnik-etnik yang ada di Indonesia. Karena menurutnya, selama bertahun-tahun materi buku ajar siswa SD di dominasi nama Budi dan Wati yang lebih kental dengan etnik Jawa.
Jadi yang biasanya,  i n i  b u d i  sekarang ganti dengan  i n i  u d i n , atau  i t u  d a y u.

Perubahan yang lain:
Kalau dulu bernama SK  dan KD  sekarang berubah nama menjadi  Kompetensi Inti atau KI. Sedangkan materi yang lain masih tetap, 5x5=25, Borobudur peninggalan agama Bhuda, fungsi mata untuk melihat.
Ada yang lebih penting dari sekedar perubahan adalah “Apapun Kurikulumnya” yang namanya guru wajib melakukan 2 hal pokok yaitu Mendidik dan Mengajar. Yang namanya mendidik akan selalu melekat pada saat mengajar. Sehingga salah besar jika ada pihak-pihak yang mengatakan “pentingnya pendidikan karakter untuk memperbaiki moral bangsa”, karena pendidikan karakter sesungguhnya sudah ada sejak Bpk Ki Hajar Dewantara jadi Menteri Pendidikan di negeri ini,cuma "bungkusnya berbeda"

Memang benar sejak kurikulum 1975 tidak pernah diberikan pendidikan karakter, Tetapi yang diberikan saat itu adalah Pendidikan Budi Pekerti, Pendidikan sopan santun,Tata krama yang mutunya jauh lebih hebat. Sedangkan istilah karakter itu muncul setelah banyak orang-orang pintar makin pintar berkonsep. Tapi ingat bahwa Orang pintar saat ini adalah hasil dari olahan dan lulusan kurikulum 1975. betul…betul….betul.????!

Bagaimanapun Dokumen Draf Kurikulum 2013 sudah dipublikasikan dan siap beradar untuk menyambut Indonesia dalam perubahan. Dengan melihat sekilas "yach ternyata!!!", kita semua yang tidak berperan dalam proyek ini hanya bisa berharap “Semoga tidak menjadi tambahan daftar PRODUK GAGAL yang beredar dalam pendidikan Indonesia”

Bagi teman-teman guru yang ingin tahu wajah kurikulum baru 2013:
Silahkan  Klik DISINI Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk SD/MI, 
Silahkan  Klik DISINI Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk SMP, 
Silahkan  Klik DISINI Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk SMA/MA,

Demikian kicauan tentang Kurikulum 2013 Siap luncur ke Sekolah? semoga bermanfaat dan bagi yang ingin berpendapat silahkan tinggalkan komentar di media ini. Komentarnya yang baik-baik aja ya? jangan menyangkut sara dan tetap beretika.
Read more...

Daftar Penerima Tunjangan Fungsional GTT Jawa Timur, Tahun 2013

33 komentar
Selamat bagi rekan-rekan GTT Jawa Timur dengan SK Fungsional ini berarti sehaaat....!

BERIKUT INI DATA PENERIMA TUNJANGAN FUNGSIONAL 2013 JENJANG DIKDAS (SD-SMP), Propinsi Jawa Timur.

Tidak usah banyak komentar, Langsung saja KLIK DISINI untuk melihat selengkapnya.


Sekali lagi selamat, dan jangan lupa tinggalkan pesan untuk blog ini!
Read more...

Senin, 15 April 2013

Data Tunjangan Profesi Guru Sertifikasi-Terbaru REVISI April 2013 Kab.Banyuwangi

0 komentar
Bagi rekan-rekan guru segera koreksi DATA TERBARU  Tunjangan Profesi Guru berikut ini.
Data ini terbit per 8 April 2013.

Silahkan segera dibuka dengan KLIK DISINI

Semoga bermanfaat

Jangan lupa tinggalkan pesan untuk blog ini
Read more...

Daftar Penerima Tunjangan Daerah Khusus Terpencil (DIKDAS SD-SMP) Tahun 2013-Jatim

2 komentar
Yang ini kabar sehat bagi guru yang mendapatkan Tunjangan khusus Terpencil di Propinsi jawa Timur.

Langsung saja lengkapnya KLIK DISINI.

Wuuuuss......!!!!  langsung Cair.

Jangan lupa tinggalkan pesan untuk blog ini.
Read more...

Senin, 08 April 2013

Bagaimana peran guru dalam Implementasi Kurikulum 2013.

0 komentar
Kurikulum 2013. sebentar lagi akan diberlakukan.
Guru Sebagai  ujung tombak terdepan dalam pelaksanaan kurikulum tersebut, tentu harus sudah mulai bersiap-siap untuk merubah pola pikir, strategi, dan kemampuan dalam perubahan yang tak bisa dielakkan.

Untuk itu malam ini saya berusaha membagikan info terkini tentang bagaimana guru ke depan dengan segala keharusnnya. Karena sebagai guru ke depan harus begini..., harus begitu dan seterusnya.

Agar tak terlalu jauh ketinggalan langsung saja KLIK DISINI untuk mendapatkan info selengkapnya.

Selamat berkarya dan tetap semangat untuk anak didik kita!
Read more...

Minggu, 07 April 2013

Berbagi cara menghitung KKM SD terbaru

0 komentar
Menghitung KKM adalah langkah awal dalam menentukan target akhir  ketika memulai pembelajaran. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban awal bagi seorang guru.  untuk itu pada kesempatan kali ini  saya mencoba untuk berbagi berdasarkan hasil utak-utik di tengah malam. Meskipun sangat sederhana tapi ini merupakan standar normatif yang berlaku saat ini.

Untuk lengkapnya bagi yang masih membutuhkan silahkan sedot dengan cara KLIK DISINI.

Kalo masih kurang puas silahkan ditambah sendiri atau usulkan perbaikan di email: bangkitprestasi@gmail.com.
Read more...

Rabu, 03 April 2013

Berbagi Nomor NRG terbaru 2013 untuk Guru telah Sertifikasi

1 komentar
Nomor NRG adalah nomor yang dikeluarkan setelah anda dinyatakan lulus PLPG dan sudah melakukan pemberkasan usulan. Nomor ini penting untuk berbagai data usulan ke depan terutama yang berkaitan dengan tunjangan yang menjadi haknya guru.

Bagi teman yang sudah mendapatkan NRG ini, Selamat karena langkah awal sebagai bentuk pengakuan bahwa anda telah tercatat dalam buku administrasi pemerintah.
Untuk lihat nomor dan nama anda lakukan KLIK DISINI 

File yang anda download berbentuk file PDF, sehingga untuk bisa membacanya komputer anda harus sudah diinstal program Adobe Reider. Tapi saya yakin kebanyakan komputer sudah dimasukkan program ini.

Selamat mencoba semoga bermanfaat! Jangan lupa tinggalkan pesan!
Read more...